Wednesday, January 31, 2007

Yoghurt

Dari mulai usia 6 bulan dikenal dengan MPA. Najwa udah dikenali berbagai macam makanan........walow gak semua harus dikenalkan pada usia 6 bulan. Cara pengenalan makanan pun bertahap dan sesuai dengan kebutuhan dan usia anak.


Bunda mau cerita tentang yoghurt, sebenarnya bunda waktu kecil gak kenal dengan yoghurt mungkin bisa dibilang gak pernah coba dan gak pernah tau apa sih yoghurt itu. Dengan banyak baca dan browsing tentang yoghurt ini salah satu hasil browsing bunda .



Yoghurt atau yogurt adalah dairy product yang dihasilkan melalui fermentasi bakteri pada susu. Berbagai jenis susu dapat digunakan untuk membuat yoghurt, tapi produksi yoghurt yang modern kini didominasi oleh susu sapi. Pembuatan yoghurt merupakan proses fermentasi dari gula susu (laktosa) menjadi asam laktat yang menyebabkan tekstur yoghurt menjadi kental. Biasanya yoghurt dijual dengan rasa buah, vanila, atau coklat, tapi ada juga tanpa penambahan rasa (plain).

Yoghurt dibuat dengan menambahkan bakteri yang menguntungkan ke dalam susu yang tidak dipasteurisasi (untuk mengatur keseimbangan antara bakteri dan enzim dari susu) pada suhu dan kondisi lingkungan yang dikontrol. Bakteri akan mengolah gula susu alami menjadi asam laktat. Hal itu akan meningkatkan keasaman sehingga menyebabkan protein susu menyusut menjadi masa yang padat atau kental. Peningkatan keasaman (pH 4-5) juga mencegah proliferasi (perbanyakan sel) dari bakteri patogen lainnya. Umumnya kultur yoghurt melibatkan dua atau lebih bakteri yang berbeda untuk proses fermentasi, biasanya yaitu Streptococcus salivarius dan thermophilus dan genus Lactobacillus, seperti L.acidophilus, bulgaricus, casei dan bifidus.

Karena kultur yoghurt mengandung enzim-enzim yang dapat memecah laktosa, beberapa individu yang menderita lactose intolerant dapat menikmati yoghurt tanpa efek yang merugikan. Secara nutrisi, yoghurt memang kaya akan protein dan beberapa vitamin B serta mineral penting lainnya.

Yoghurt umumnya dijual dengan penambahan kemanisan dan rasa, atau dengan penambahan buah untuk menambah rasa alaminya. Produk yoghurt di AS umumnya ditambahkan dengan pektin dan gelatin.

Ada beberapa jenis yoghurt, yaitu:

Dahi yoghurt : berasal dari India

Bulgarian yoghurt : menggunakan kultur strain dari Bulgaria, yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus
Greek yoghurt : dibuat dari susu yang telah dicampur dengan krim sehingga kandungan lemaknya menjadi 10%. Bentuk lainnya bisa dalam bentuk standar (5%), rendah lemak atau low fat (2 %), dan tanpa lemak atau non fat (0 %). Biasanya disajikan bersama dengan madu, walnut, atau buah yang disediakan sebagai pencuci mulut
Lassi yoghurt : minuman dengan bahan dasar yoghurt. Berasal dari India dengan dua jenis rasa, yaitu rasa asin dan manis
Kefir : minuman susu fermentasi. Kini biasanya dinamakan yoghurt siap minum atau yoghurt smoothie
Home-made yoghurt : dapat dibuat dirumah dengan menggunakan sejumlah kecil kultur yoghurt aktif sebagai kultur awal.

Yoghurt akan menjadi kental atau memadat jika disimpan dalam refrigerator. Yoghurt yang disimpan dalam refrigerator akan stabil atau tahan sampai satu minggu atau lebih.

Kalow tadi salah satu hasil browsing bunda tentang yoghurt, yang ini salah satu hasil bunda foto-in najwa makan yoghurt.



Semangat banget sih de? makan yoghurt-nya sampe miring & jongkok gitu. Gak apa-apa deh baju dan tangannya pada kotor yang penting najwa suka.

Labels:

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Wah2 sama donk sama dade n daka, seneng banget sama Yoghurt, tapi baru tau deh ada macem2 nya ... thanks ya untuk info nya, yang biasa anak2 ku konsumsi merk nya Elle dan Yo plait ...

3:09 PM  
Blogger Greiche Gege said...

Wuiii..sama kek zebby..
maniak banget deh..
kalo di malaysia, yoghurt khusus anak2 merknya Calciyumm dari Fernleaf sama Nespray yoghurt dari nestle..

3:33 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home